Proses yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan (kel 3)

Kamis, 17 November 2011

Pengambilan keputusan artinya menentukan suatu jalan keluar dari suatu permasalahan

jenis jenis keputusan
  1. Keputusan strategis, yaitu keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dari suatu organisasi
  2. Keputusan taktis, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen menengah
  3. Keputusan operasional, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen bawah
Proses pengambilan keputusan dalam berorganisasi dibagi menjadi 4 metode yaitu

  1. authority rule without discussion(kewenangan tanpa diskusi), dimana metode ini seringkali digunakan oleh para pemimpin dan memiliki keuntungan yang cepat dalam arti ketika organisasi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk memutuskan keputusan.
  2. Expert Opinion(pendapat ahli),metode ini akan bekerja dengan baik, apabila seorang anggota yang dianggap ahli memang benar-benar tidak diragukan lagi kemampuannya dalam hal tertentu oleh anggota organisasi itu.
  3. Authority Rule After Discussion(Kewenangan setelah diskusi) ,metode ini akan meningkatkan kualitas dan tanggung jawab para anggotanya,maksudnya pendapat dari anggota sangat diperhatikan dalam proses pembuatan keputusan, namun perilaku pemimpin dan kelompok masih berpengaruh.
  4. Consensus(Kesepekatan), metode yang terakhir ini memiliki keuntungan yaitu partisipasi penuh dari seluruh anggota akan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang diambil, seperti tanggung jawab para anggota dalam mendukung keputusan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar