Konflik Dalam Organisasi (kel 2)

Kamis, 17 November 2011

Faktor-faktor penyebab terjadinya suatu konflik

a. Perbedaan pendapat
b. Sikap egois
c. Pihak ketiga (mengadu domba)
d. Perbedaan nilai budaya dan tujuan

Konflik yang terjadi dalam suatu organisasi :
1. Konflik individu dengan individu:Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan individu pimpinan dari berbagai tingkatan. Individu pimpinan dengan individu karyawan maupun antara individu karyawan dengan individu karyawan lainnya.

2. Konflik individu dengan kelompok:Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan kelompok ataupun antara individu karyawan dengan kempok pimpinan.

3. Konflik kelompok dengan kelompok:Ini bisa terjadi antara kelompok pimpinan dengan kelompok karyawan, kelompok pimpinan dengan kelompok pimpinan yang lain dalam berbagai tingkatan maupun antara kelompok karyawan dengan kelompok karyawan yang lain.

Tak ada satupun organisasi yang tak luput dari konflik. sangat mustahil. Konflik dapat terjadi dimana saja. Dikarenakan kita manusia mempunyai sifat dan tabiat berbeda. Konflik juga dibagi menjadi 2 bagian , yaitu :
1. Konflik Internal
2. Konflik Eksternal

Konflik internal adalah konflik yang muncul akibat adanya kesalahpahaman dsb dari sebuah organisaai itu sendiri dimna banyak terjadi miss understanding yang menyebabkan lama kelamaan organisasi itu sendiri stuck tidak berjalan semulus biasanya.

Konflik eksternal adalah konflik yang muncul akibat adanya gangguan, hambatan yang di sebabkan oleh pihak luar. Disini permasalahan nya agak sedikit berbeda karena disini pihak intern terpangaruh oleh pihak luar sehingga keadaan di suatu rganisasi itu sendiri kacau dan tidak terurus , sangat diperlukan pihak yang dapat menengahi konflik agar tidak berlarut-larut

0 komentar:

Posting Komentar